Joker123 Kegiatan Bimbingan Rohani, Selasa, 16 Agustus 2022 di Aula Kejari Kota. - Kejaksaan Negeri Kota Kediri

Selasa, 16 Agustus 2022 di Aula Kejari Kota Kediri Kegiatan Bimbingan Rohani yang dibawakan oleh KH ABU BAKAR ABDUL JALIL dan diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kediri ( Novika Rauf, SH., MH) dan para Kasi dan KasubagBin serta Seluruh Pegawai yang Muslim mengikuti ceramah yang berisi tentang ” Adab dan Akhlak” Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak dan adab mulia, maka orang yang terbaik adalah yang paling baik adab dan akhlaknya. Selain itu, di antara hal yang paling mulia untuk mengisi waktu dan hidup manusia sehari-hari adalah mengikuti Nabi Muhammad SAW, dalam gerak-gerik dan diam, dalam urusan dunia dan ibadah, dalam ucapan dan perbuatan beliau; dan tindakan nyata dari mengikuti beliau adalah merealisasikan adab dan akhlak yang beliau ajarkan dan contohkan kepada umatnya. Maka kedudukan seorang muslim dapat dinilai dari sikapnya dalam mengikuti petunjuk Nabi Muhammad SAW yang terwujud dalam adab dan akhlaknya; secara kualitas maupun kuantitas.
عَنْ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْبِرِّ وَالْإِثْمِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَالْإِثْمُ مَا حَاكَ فِي نَفْسِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ
Artinya: Dari Nawwas bin Sam’an seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Salam tentang kebajikan dan dosa, nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam menjawab: “Kebajikan adalah akhlak yang baik dan dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan dalam jiwamu dan kau tidak mau orang-orang mengetahuinya.” (HR. At-Tirmidzi no. 2311 hadis ini hasan shahih).


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Info